Tuesday, December 29, 2015

Evaluasi dalam Proses Mewujudkan Impian

Teori+Evaluasi.jpg (320×211)

Tanpa terasa, tahun 2015 sudah hampir berakhir. Sejauh ini apakah Anda sudah menciptakan banyak kemajuan untuk mewujudkan beberapa resolusi yang sudah Anda tetapkan untuk tahun ini? Jika Anda merasa belum melakukan kemajuan positif, maka sekaranglah saat yang tepat untuk berhenti sejenak dan melakukan evaluasi.
Evaluasi penting supaya Anda menjadi lebih memahami tujuan sekaligus tantangan, memperbaiki kekurangan, dan memikirkan tindakan yang lebih efektif. Berikut ini saya sampaikan beberapa tahap yang perlu kita lakukan saat ini, agar kita tidak hanya mampu memenuhi resolusi 2016 tetapi juga mampu menjadi sosok yang lebih baik.
1. Evaluasi diri
Evaluasi diri dimulai dengan mengoreksi tujuan dan target Anda tahun ini. Anda juga perlu mengoreksi seberapa efektif langkah-langkah Anda untuk mencapai tujuan harian, bulanan, dan tahunan.
Evaluasi kegiatan Anda setiap malam sebelum tidur. Langkah ini akan membantu Anda memenuhi target harian dan secara cepat melakukan perbaikan jika Anda melakukan kelalaian. Jika target harian selalu tercapai, tentu akan berimbas positif terhadap pencapaian rencana tahunan Anda.
2. Evaluasi visi
Setelah Anda melakukan evaluasi harian, saatnya untuk kembali mengevaluasi visi.Coba evaluasi apakah visi Anda layak, memungkinkan untuk dicapai, dan menjadikan Anda lebih baik? Pertanyaan tersebut menjadi alat untuk pemahaman dan perbaikan diri serta memastikan apakah langkah Anda tepat dan efektif.
3. Menyesuaikan rencana pencapaian tujuan
Setelah mengevaluasi visi, sampailah kita pada tahap mengevaluasi tujuan. Pada tahap ini, bukalah diri untuk merevisi tujuan lama dan menggantinya dengan tujuan-tujuan baru. Tulislah tujuan Anda secara terperinci dan jelas, lengkap dengan target waktu pencapaian. Catatan yang jelas dan terperinci, akan membuat pikiran Anda lebih kreatif untuk mewujudkan tujuan sesuai jadwal waktu yang Anda tetapkan.
4. Belajar dari orang-orang sukses
Pada tahap ini, selain melaksanakan langkah-langkah perubahan, sebaiknya Anda aktif bergaul dengan orang-orang yang sudah sukses, belajar, dan mengadopsi langkah serta pemikiran mereka. Misalnya aktif mengikuti organisasi orang-orang sukses, mengikuti seminar, membaca biografi tokoh-tokoh teladan dan sukses seperti Henry Ford, Colonel Sanders, dan lain sebagainya. Ketika Anda membiasakan diri setiap hari melakukan hal-hal yang dilakukan para tokoh teladan atau orang-orang sukses tersebut, secara tidak langsung Anda pun sedang membangun keberhasilan.
5. Menghadapi tantangan      
Tahap evaluasi berikutnya adalah mengatisipasi tantangan yang kemungkinan Anda hadapi. Perencanaan yang matang untuk mengantisipasi tantangan, akan sangat membantu Anda melewati bermacam kesulitan.
6. Melakukan tindakan
Setelah Anda melewati seluruh tahap evaluasi tersebut, tiba saat untuk melakukan tindakan nyata. Sikap konsisten dalam berusaha akan membantu Anda menciptakan kemajuan dan mewujudkan seluruh target di akhir tahun nanti. Yakinlah pada potensi Anda dan berusahalah maksimal, maka Anda pasti berhasil!
Evaluasi adalah bagian penting dalam proses mewujudkan impian sekaligus menjadi orang lebih baik. Tahap-tahap evaluasi seperti yang saya sampaikan di atas akan membantu Anda memahami tujuan Anda secara jelas serta menemukan kekuatan untuk mengarahkan langkah-langkah Anda dalam menciptakan perubahan besar dalam kehidupan Anda sendiri maupun dunia di sekeliling Anda. Salam sukses untuk Anda!

0 komentar:

Post a Comment