Thursday, October 15, 2015

Belajar, Belajar, dan Belajar

Pernah mendengar nama Jack Ma? Dialah yang dinobatkan sebagai orang terkaya di daratan China saat ini. Kalau Anda pernah melihat wajah/sosoknya, pasti Anda tidak akan mengira bahwa ia adalah seorang yang ternyata sangat luar biasa.

Sewaktu berumur 12 tahun, dia belajar bahasa Inggris dengan cara yang tidak biasa, yaitu bangun jam 5 pagi dan bersepeda ke hotel-hotel besar di Hangzhou untuk bercakap-cakap dengan turis asing guna melatih bahasa Inggrisnya. Dia juga membeli sebuah radio sehingga dia dapat mendengarkan siaran dalam bahasa Inggris setiap hari.

Dia sempat 2x gagal dalam ujian nasional sebelum akhirnya berhasil masuk ke Hangzhou Teacher’s Institute. Dia lulus pada tahun 1988 dan mulai mengirim aplikasi ke sebanyak mungkin pekerjaan yang dia bisa, meskipun ditolak berkali-kali.

Jack Ma sebelumnya tidak mempunyai banyak pengetahuan tentang komputer atau pemrograman, namun teraspirasi dengan internet ketika ia menemukan bahwa tidak ada satupun perusahaan China yang terdaftar di internet. Dia menangkap kesempatan ini dengan mencoba untuk memulai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang internet untuk China, yang bernama “China Pages,” meskipun akhirnya usaha itu mengalami kegagalan, namun dia tidak berhenti untuk terus mengembangkan kapasitasnya.

Setelah belajar dari kehilangan dan kegagalannya, 4 tahun kemudian dia mengumpulkan 17 relasinya dan meyakinkan mereka untuk berinvestasi sebesar 60,000 $ pada visinya untuk sebuah situs lelang online yang dinamakannya “Alibaba.”

Di tahun yang sama, pada bulan Oktober 1999, Alibaba.com telah berhasil mengumpulkan 5 juta dollar dari Goldman Sachs dan 20 juta dollar dari Softbank. Kesuksesan Alibaba.com tidak berhenti disini, dengan berhasil melayani 79 juta anggota yang berasal dari lebih dari 240 negara, pada September 2014 yang lalu, IPO-nya di Amerika telah mampu mengumpulkan investasi sebesar 20 Milyar Dollar, dan menjadikan Jack Ma sebagai pemilik 8,9% saham di perusahaan tersebut, sebagai orang terkaya di daratan China.

Belajar, belajar, belajar dan belajar. Mungkin itu yang menjadi slogan hidup Jack Ma, sehingga ia bisa mengalami kesuksesan yang luar biasa. Selalu ada jalan terbuka lebar bagi mereka yang mau terus belajar dengan gigih.

Jangan Putus Asa, Ayo Semangat Belajar Terus dan Terus.
Gusti mberkahi.

0 komentar:

Post a Comment