Monday, June 13, 2016

7 KEMAMPUAN INI MULAI HILANG SEIRING KECANGGIHAN TEKNOLOGI



Beberapa kemampuan ini perlahan namun pasti tergerus oleh kecanggihan teknologi:
- Kemampuan mengingat nomor telepon
Dahulu, kita bisa hafal beberapa nomor telepon karena khawatir lupa bawa buku telepon dan ada kebutuhan telepon dengan menggunakan telepon umum. Saat ini, gadget bisa menyimpan nomor telepon dengan mudah dan dalam jumlah yang banyak. Anda sendiri hafal berapa nomor telepon keluarga/sahabat?
- Navigasi
Zaman dulu, untuk mengunjungi suatu tempat, seseorang harus memiliki kemampuan navigasi yang baik, minimal tahu dimana utara, selatan, barat dan timur. Sekarang tinggal buka kompas aja di smartphone. Atau buka aplikasi maps yang hampir ada di setiap gadget.
- Kemampuan komunikasi dengan orang baru
Anda sedang ada di tempat umum dengan orang-orang yang baru Anda kenal? Tinggal ambil gadget dan Anda bisa menyibukkan diri sendiri beberapa saat lamanya. Sebelum gadget menjadi benda yang normal dimiliki setiap orang, biasanya orang-orang akan saling berbincang dengan sekitar tanpa canggung.
- Pemahaman ilmu dasar
Hal berikutnya yang terjadi di masyarakat adalah ketergantungan terhadap mesin pencari (search engine), sehingga ilmu-ilmu dasar yang harusnya diketahui menjadi dilupakan. Apabila menemui kesulitan, misal ingin tahu nama ibukota atau mengecek kalimat baku, kita tinggal “googling”.
- Menulis dengan tangan
Ingat saat di bangku sekolah dulu? Kemana-mana kita membawa agenda atau buku catatan kegiatan. Sekarang tinggal catat saja di smartphone Anda.
- Ilmu hitung sederhana
Karena kecanggihan teknologi, saat ini perhitungan sederhana saja kita harus diyakinkan dengan kalkulator biar yakin. Tak bisa dipungkiri, ini adalah fenomena yang tanpa kita sadari hadir di kehidupan masyarakat saat ini.
- Fotografi
Fotografi dulunya menjadi hal yang cukup sulit untuk dipelajari dan harus membutuhkan proses belajar yang sangat lama. Sekarang keberadaan kamera gadget dengan kualitas yang bagus—bahkan beberapa melebihi kualitas kamera manual—membuat kemampuan teknis fotografi menjadi berkurang. Tidak perlu trial and error, atau ribet dengan teknik. Tinggal jepret sepuas hati, edit, dan bagikan kepada banyak orang di social media.
Apakah 7 hal di atas juga kita rasakan? Atau Anda ingin menambahkan beberapa poin?

0 komentar:

Post a Comment