Menyanyi Itu Menyehatkan

Selama ini menyanyi lebih banyak dianggap sebagai terapi untuk membebaskan seseorang dari depresi atau stres. Namun sejumlah penelitian menemukan bahwa menyanyi juga bisa menyehatkan secara fisik. Apa saja penyebabnya?
Semua orang suka lagu, namun tak semua orang bisa menyanyi. Namun apakah orang yang tak bisa menyanyi tak pernah menyanyi? Bisa ya, bisa pula tidak. Tetapi jika Anda kebetulan tak bisa menyanyi, sebaiknya pertimbangkan untuk mencoba menyanyi. Seburuk apapun suara Anda, yang penting usahanya. Tak perlu pergi ke tempat karaoke berombongan. Kegiatan menyanyi bisa dilakukan di rumah, di kamar mandi, di mobil, atau tempat tersembunyi lain (kalau tak mau didengar orang lain). Karena ada gambar gembira, ternyata menyanyi tak hanya menjadi ungkapan perasaan, menyanyi juga bisa menyehatkan secara fisik. Belakangan banyak ilmuwan menyatakan bahwa orang yang suka menyanyi punya riwayat kesehatan yang lebih baik dari mereka yang jarang menyanyi.
Berikut beberapa rangkuman untuk Anda.

Menyanyi Mengurangi Stres dan Rasa Sakit
Hasil penelitian menyebutkan adanya korelasi antara menyanyi dan penurunan serangan jantung, penurunan tekanan darah, dan pengurangan stres. Patricia Preston-Robert, seorang terapis di New York, mengaku menggunakan terapi menyanyi untuk mengatasi para pasiennya baik yang sakit secara fisik maupun psikologis.
“Beberapa orang yang mengalami trauma, sering merasakan sakit secara fisik dan ini bisa diatasi dengan menyanyi. Tetapi menyanyi ternyata sanggup menghalangi penyebaran rasa sakit dalam tubuh. Itulah yang membuat mereka yang menyanyi bisa mengurangi rasa sakitnya, ” katanya.

Melancarkan Pernafasan
Menyanyi terbukti menyehatkan terutama paling dirasakan oleh mereka yang berusia di atas 55 tahun. Menurut Jeanne Kelly, direktur Levine School of Music, Arlington Campus, menyanyi menyebabkan seseorang merasakan hidupnya lebih baik selama menyanyi, kualitas suara lebih baik, suara terdengar lebih muda dibanding usia sesungguhnya, melancarkan penafasan, dan postur tubuh lebih baik.

Meningkatkan Daya Ingat
Menyanyi juga bisa meningkatkan daya ingat. Dari penelitian sejumlah penderita penyakit Alzheimer ditemukan bahwa menyanyi bisa membangkitkan memori penderita penyakit ini. Karena ternyata bagian otak yang bekerja untuk berbicara, berbeda dengan bagian otak untuk bernyanyi. Ini yang menyebabkan orang yang terganggu memorinya masih bisa menyanyi ketimbang diajak bicara.
“Ada sejumlah riset yang menemukan bahwa musik memiliki kemampuan untuk mendorong orang mengakses kata-kata. Karena itu orang yang kehilangan memori bicaranya masih bisa menyanyikan lagu,” ujar Liz McNaughton, seorang terapi musik di London. Karena itu jika rutin menyanyi, orang yang terganggu memorinya bisa terperbaiki daya ingatnya.

Meningkatkan Imunitas
Penelitian oleh University of Frankfurt, menemukan bahwa menyanyi dalam paduan suara bisa meningkatkan imunitas tubuh. Begitu paduan suara yang ditelitinya selesai menyanyikan lagu Mozart “Requiem”, mereka memiliki immunoglobulin A dan cortisol (zat yang meningkatkan imunitas) lebih tinggi dibanding sebelumnya. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa orang-orang yang menyanyi dalam paduan suara itu meningkat kapasitas paru-parunya, energinya lebih banyak, terbebas dari asma, postur tubuh lebih baik, merasa lebih nyaman, serta meningkat kepercayaan dirinya.

Nah, ternyata menyanyi tak sekadar bisa membebaskan stres. Menyanyi juga bisa membuat tubuh lebih sehat. Jadi, kenapa tak mencoba menyanyi untuk membuat tubuh lebih baik?

Surya Solo

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment